Dewa Indra – Rajanya Para Dewa Penguasa Cuaca

Dewa Indra adalah raja para dewa dimana beliau memerintah di ketiga dunia yaitu Bhur, Bwah, dan Swah. Dewa Indra juga disebut sebagai dewa cuaca karena kemampuan beliau mengendalikan hujan dan petir. Sebagai raja para dewa, banyak sloka dalam Reg Weda yang berisikan pujian untuk dipersembahkan dalam pemujaan kepada beliau. Dewa Indra memimpin delapan Wasu yaitu kelompok dewa yang mengatur dan menguasai berbagai aspek alam.

Dewa Indra

Dewa Indra

Dewa Indra disosokan sebagai pria yang gagah, berwibawa, dan karismatik dengan berkulit merah dengan empat lengan yang membawa senjata andalannya, Vajra dan menaiki seekor gajah yang bernama Airawata. Dalam beberapa purana disebutkan bahwa Dewa Indra bersaudara kembar dengan Dewa Agni dan merupakan putra dari Aditi dan Rsi Kasyapa.

Kisah terkenal Dewa Indra adalah ketika beliau mengalahkan Naga Vritra yang mengambil seluruh air yang ada di dunia untuk dirinya sendiri sehingga terjadi bencana untuk umat manusia. Sebelum maju ke medan perang beliau meminum soma yang merupakan minuman favoritnya dan dengan senjata Vajra-nya beliau membebaskan seluruh air ke dunia. Dalam purana disebutkan jika Dewa Indra meminta bantuan Dewa Wisnu dan Dewa Siwa untuk membantunya. Dalam Epos Mahabrata beliau merupakan ayah dari Arjuna yang merupakan salah satu dari pandawa.

Di Bali, Dewa Indra terkenal karena keberhasilannya mengalahkan raja bali yang tamak yaitu Mayadenawa putra dari Prabu Jayaprana dan Dewi Danu. Dari peperangan inilah lahir sebuah sumber mata air yang sekarang menjadi sebuah pura yaitu Pura Tirta Empul. Di pura inilah para pemedek melakukan penglukatan  sembari memohon anugerah dari Dewa Indra yang dikenal suka member berkah.

Dalam Markandeya Purana disebutkan bahwa Dewa Indra adalah sebuah jabatan dimana akan dilakukan pergantian secara berkala dalam setiap manwantara. Pada masa ini Dewa Indranya dijabat oleh Purandara dan selanjutnya akan diberikan kepada Maharaja Bali sesuai janji Dewa Wisnu dalam kisah Wamana Awatara. Demikian penjelasan singkat tentang Dewa Indra dan mari kita berdoa kepada beliau untuk kebaikan semua mahluk hidup.

No Response

Leave a reply "Dewa Indra – Rajanya Para Dewa Penguasa Cuaca"