Dewa Maheswara – Dewata Nawa Sanga yang Menguasai Arah Tenggara

Dewa Maheswara adalah salah satu dari Dewata Nawa Sanga yang menguasai arah tenggara yang beristana di Pura Goa Lawah. Dalam Purana dan Upanisad disebutkan bahwa Dewa Maheswara adalah nama lain dari Dewa Siwa sebagai Dewa yang melampaui pengetahuan. Bahkan disebutkan kepada Maheswara lah ilmu pengetahuan itu dicari.

Dewa Maheswara

Dewa Maheswara

Dewa Maheswara bersenjatakan Dupa dengan menunggangi Merak. Saktinya adalah Dewi Laksmi dengan aksara Nang dan warnanya merah muda. Jumlah uripnya delapan dan sapta waranya wrhaspati. Wukunya Gumbreg, Medangsia, Uye, dan Watugunung. Sasihnya adalah Kalima dan Kanem serta Bhuana Alitnya adalah paru-paru.

Dalam Agama Hindu Bali disebutkan bahwa Dewa Maheswara bersama-sama Naga Basuki(Vasuki) merupakan pusat dari ritual Nyegara Gunung untuk keseimbangan ketiga dunia atau Tri Loka. Dewi Laksmi yang dimaksud memang merupakan sakti dari Dewa Wisnu namun dalam perannya sebagai penjaga keharmonisan alam beliau menemani Dewa Maheswara dalam menjaga keseimbangan tri loka.

Dalam tradisi Hindu India pemujaan terhadap Dewa Maheswara sama dengan pemujaan terhadap Dewa Siwa.  Di India juga sering menyebutkan Dewa Maheswara sebagai Maha Yogi yang mengajarkan semua teknik Yoga ke dunia.

 

No Response

Leave a reply "Dewa Maheswara – Dewata Nawa Sanga yang Menguasai Arah Tenggara"