Dewa Wisnu – Sang Pemelihara

Dewa Wisnu adalah salah satu dari Trimurti yang merupakan manifestasi dari Brahman (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) yang berperan sebagai pemelihara dan pelindung dunia beserta isinya. Beliau termasuk dalam jajaran dewa terpenting didalam ajaran Agama Hindu. Beliau bertugas memelihara keseimbangan dunia sehingga dunia bisa berjalan dengan baik. Peran beliau sebagai pemelihara dan pelindung dapat dilihat dengan turunnya beliau kedunia sebagai Awatara untuk menjaga keseimbangan dunia dan melindungi kebaikan.

Dewa Wisnu

Patung Dewa Wisnu di Pura Campuhan Windu Segara

Dalam salah satu kitab suci Hindu yaitu Sama Weda disebutkan sebuah mantra untuk memuja beliau yaitu:

“Om Namo Narayanaya”

Beliau digambarkan sebagai sesosok pria berkulit biru dan berlengan empat yang sedang tertidur diatas seekor ular/naga berkepala tujuh dan terbang bersama seekor burung. Beliau memiliki ciri-ciri fisik yang khas sebagai berikut:

  • Memiliki empat lengan yang membawa sangkala, teratai, gada, dan cakra.
  • Memiliki warna kulit biru
  • Mengenakan mahkota dan kalung bunga
  • Menunggangi raja burung bernama Garuda
  • Tertidur diatas seekor ular/naga berkepala tujuh bernama Antasena

Wisnu dalam bahasa sansekerta memiliki akar kata ‘Vis’ yang berarti menempati sehingga secara harafiah Dewa Wisnu berarti cahaya tuhan yang menempati segalanya. Dalam kitab Nirukta Dewa Wisnu disebut sebagai sesuatu yang terbebas tanpa terikat dengan suatu apapun dan merasuki segala sesuatu yang ada di dunia ini.

Dewa Wisnu memiliki sakti yaitu Dewi Laksmi (di Bali sering disebut dengan Dewi Sri) yang merupakan dewi kebahagiaan, kesejahteraan, dan kekayaan. Dewi Laksmi sering digambarkan sedang memijat Dewa Wisnu yang sedang tertidur di Antasena. Dewa Wisnu memiliki 10 awatara utama dari total 24 awatara yang ada secara keseluruhan dimana kebanyakan beliau turun untuk menumpas kejahatan sehingga sering disebutkan bahwa beliau dibenci oleh kaum Asura.

Dalam kebudayaan dan Agama Hindu Bali Dewa Wisnu dipuja di Pura Puseh pada Meru Tumpang 7dan secara khusus sebagai salah satu Dewata Nawa Sanga beliau di puja di Pura Batur.  Di India pemujaan Dewa Wisnu dilakukan oleh sekte penyembah Dewa Wisnu yaitu aliran Waisnawa. Adapula aliran Hare Krisna yang memuja awatara beliau yaitu Krisna Awatara.

 

No Response

Leave a reply "Dewa Wisnu – Sang Pemelihara"