Hari Raya Galungan dan Kuningan

Hari raya galungan dan kuningan adalah hari raya umat hindu yang saling berkaitan satu sama lain. Hari raya Galungan sendiri adalah hari raya yang memperingati kemenangan darma melawan adarma yang diambil dari kisah Dewa Indra melawan Maya Denawa sedangkan hari raya kuningan adalah bagian dari prosesi hari raya galungan yaitu sepuluh hari setelah galungan sebagai hari untuk meminta panugrahan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Hari raya galungan lan kuningan sendiri diperingati setiap 6 bulan sekali dalam setahun.

 

Bagikan Ke Facebook! Follow Instagram!

Hari raya galungan dan kuningan adalah

 

Hari raya galungan dan kuningan merupakan hari raya yang meriah di bali dimana prosesi upacaranya  Dimulai sejak dua puluh lima hari sebelum Galungan dimulai dimana dilaksanakan upacara ngerasakin dan ngatagin. Kemudian lima belas hari sebelum Galungan dilaksanakan upacara memberi lelabaan kepada watek Butha dengan melaksanakan pecaruan alit.

 

Kemudian prosesi upacara berlanjut yaitu tujuh hari sebelum Galungan yang disebut hari Sugian Pengenten yaitu mulainya Nguncal Balung. Enam hari sebelum galungan kita melaksanakan upacara sugian jawa. Kemudain baru pada hari ke lima sebelum galungan diadakan upacara sugian bali.  Kemudian lanjut ke tiga hari sebelum galungan yaitu penyekeban.

 

Pada hari ke dua sebelum galungan adalah penyajaan. Kemudian dilakukan upacara penampahan tepat sehari menjelang galungan. Kemudian sehari setelah galungan adalah manis galungan. Tiga hari setelah galungan adalah pemaridan guru. Empat hari setelah galungan adalah ulihan. Lima hari setalah galungan adalah pemacekan agung.

 

Sembilan hari setelah galungan adalah penampahan kuningan. Kemudian dihari sepuluhnya barulah hari raya kuningan dilaksanakan. Prosesi ditutup dengan pegat uwakan yaitu tiga puluh lima hari setelah galungan. Dari enam belas prosesi upacara tersebut yang menjadi puncaknya adalah galungan dan kemudian kuningan. Namun prosesi yang lain juga merupakan bagian penting dalam prosesi hari raya galungan tersebut.

 

Total prosesi berlangsung selama kurang lebih enam puluh satu hari sehingga menjadikan prosesi upacara galungan berlangsung besar dan meriah. Jadi kesimpulannya adalah bahwa hari raya galungan dan kuningan adalah salah satu hari raya umat hindu dalam memperingati kemenangan kebaikan melawan keburukan serta memperoleh anugrah dari Ida sang Hyang Widi Wasa. Berikut artikel mengenai hari raya galungan dan kuningan secara singkat semoga bias menambah pengetahuan untuk semeton semua.

 

 

 

 

Bagikan Ke Facebook! Follow Instagram!