Kerajaan Kutai – Kerajaan Hindu Pertama di Indonesia

Kerajaan Kutai – Ketika kita membahas tentang peradaban Agama Hindu di Indonesia tentunya kita tidak dapat lepas dari sebuah kerajaan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur yaitu Kerajaan Kutai Martadipura (Kutai Martadipura). Pada tahun 400 Masehi di daerah Kutai tepatnay di Muara Kaman terdapat Kerajaan Hindu yang besar. Ini dibuktikan dengan ditemukannya batu berbentuk Yupa di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur yang menyebutkan nama Kerajaan Kutai Martadipura. Yupa adalah batu berdiri berbentuk tiang dan bertulis, yang digunakan dalam upacara keagamaan khususnya Agama Hindu.

Kerajaan Kutai

Yupa Kerajaan Kutai – Wikipedia

Yupa sebagai perangkat upacara keagamaan juga ditemukan di beberapa tempat di India seperti Mathura. Di Kutai terdapat tujuh buah Yupa yang salah satunya menyebut nama Raja Kudungga yang memiliki putra bernama Aswawarman dan Aswawarrnan memiliki tiga orang putra, yang tertua bernama Mulawarman. Mulawarman disebutkan sebagai raja yang sangat bijaksana, kuat, dan berkuasa di Kerajaan Kutai Martadipura. Pada jaman itu beliau juga disebutkan telah mengadakan Upacara Yadnya. Para Brahmana mendirikan Yupa sebagai perangkat daram upacara yadnya ini. Pada Yupa yang lain juga pernah disebutkan bahwa Raja Mulawarman telah menghadiahkan 80.000 ekor sapi kepada para Brahmana yang bertempat di lapangan suci Waprakeswara. Waprakeswara sendiri adalah tempat suci untuk memuja Dewa Siwa.

Kerajaan Kutai Martadipura berakhir pada saat Raja Kutai ke-21 yang bernama Maharaja Dharma Setia Warman tewas didalam medan perang oleh Raja Kutai Kartanegara ke-13, yang bernama Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Kerajaan Kutai Martadipura berbeda dengan Kerajaan Kutai Kartanegara yang ibukotanya di Kutai Lama (Tanjung Kute) dan beragama Islam. Demikianlah perkembangan Kerajaan Hindu di Kutai dengan peninggalan Yupa sebagai tonggak awal berkembangnya Agama Hindu di Indonesia dan juga dengan ditemukannya batu bertulis yang disebut Yupa pada tahun 400 Masehi berarti Indonesia sudah mengenal tulisan.

No Response

Leave a reply "Kerajaan Kutai – Kerajaan Hindu Pertama di Indonesia"