Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara – Perkembangan Kerajaan Hindu di tanah Jawa diawali dari daerah Jawa Barat. Kehidupan di Jawa Barat diperkirakan sudah dimulai pada pertengahan abad ke-5 yang ditandai dengan munculnya Kerajaan Hindu Tarumanegara dengan Rajanya Purnawarman.

Kerajaan Tarumanegara

Yupa Kerajaan Tarumanegara – Wikipedia

Di Bogor, Jawa Barat ditemukan sebuah prasasti yang bernama Prasasti Ciaruteum. Prasasti ini memiliki hubungan yanga sangat erat dengan Raja Purnawarman yang antara lain menyebutkan bahwa “Raja Purnawarman adalah raja yang gagah berani bagaikan Dewa Wisnu”. Membandingkan seorang raja dengan Dewa Wisnu merupakan salah satu Tradisi Hindu, dimana tugas seorang raja adalah melindungi serta mewujudkan kemakmuran bagi rakyatnya. Kisah Raja Purnawarman yang berusaha mewujudkan diri sebagai pelindung serta mewujudkan kemakmuran rakyatnya diuraikan dalam Prasasti Tugu.

Prasasti ini menyebutkan bahwa Raja Purnawarman di tahun pemerintahannya yang ke-22 menyelesaikan penggalian Sungai Gomati dalam waktu 21 hari disamping itu beliau sudah memiliki Sungai Candrabhaga (Bekasi). Pada saat pekerjaan ini selesai Raja Purnawarman menghadiahkan 1.000 ekor lembu kepada para Brahmana. Dalam uraian Prasasti Tugu ini dapat diketahui bahwa usaha Sang Raja untuk memberikan kemakmuran kepada rakyatnya diumpamakan dengan yang dilakukan oleh Dewa Wisnu kepada seluruh jagat raya ini.

Selain Prasasti Ciaruteum dan Prasasti Tugu yang merupakan peninggalan Kerajaan Hindu di Jawa Barat, ditemukan juga prasasti lain yang kesemuanya berjumlah 7 buah. Ketujuh prasasti tersebut adalah Kebon Kopi, Panrawi, Muara Kantun, Lebak dan Jamak. Ketujuh buah prasasti  ini kesemuanya berbahan dasar batu sehingga disebut Saila Prasasti (prasasti batu).

Berkembangnya Agama Hindu di Indonesia membawa perubahan bagi kehidupan dan kebudayaan bangsa Indonesi. Masuknya pengaruh Hindu ke Indonesia mengantarkan bangsa Indonesia memasuki jaman sejarah dengan penggunaan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta secara luas. Pengaruh Hindu juga menyebabkan Indonesia mengenal sistem pemerintahan kerajaan sehingga mulai bermunculan banyak kerajaan-kerajaan disetiap daerah. Dari aspek kepercayaan spiritual juga mengalami perubahan yaitu dari keyakinan kepada agama lama (animism, dinamisme,dll) menjadi suatu bentuk agama atau kepercayaan yang berkeyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Brahman) dan menggunakan kitab suci Weda sebagai sumber ajarannya.

Demikianlah perkembangan Kerajaan Hindu di Jawa Barat yang menjadi salah satu cikal bakal kerajaan Hindu di Nusantara.

No Response

Leave a reply "Kerajaan Tarumanegara"