Pura Batukaru – Tempat Bersemayamnya Mahadewa

Pura Batukaru atau Batukau adalah salah satu pura sad kahyangan yang mewakili arah barat tempat beristananya Dewa Mahadewa sebagai salah satu dari Dewata Nawa Sanga. Terletak di desa Wangaya Gede, kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Dalam lontar Kusuma Dewa disebutkan bahwa Pura Batukaru didirikan oleh Mpu Kuturan dan menjadi salah satu tempat favorit petapa jaman dahulu untuk melakukan yoga dan bersemedi dimana dibuktikan dengan adanya sumber air dan berbagai macam jenis patung. Pura ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Cri Masula Masuli berkuasa di Bali. Pengempon pura secara turun temurun dipegang oleh keturunan Kyayi Agung Pasek Kubayan yang lebih dikenal dengan Pasek Kubayan. Pura Batukaru memiliki beberapa nama lain seperti Batukau, Watukaru, dan Watukau. Piodalan pada Pura Batukaru dilaksanakan pada hari Kamis Umanis Dungulan atau Umanis Galungan yang diadakan hanya sehari saja.

Pura Batukaru

Pura Batukaru

Menuju ke lokasi cukup mudah dengan adanya penunjuk arah yang sudah disediakan pemerintah. Pura ini memiliki parkir dan wantilan yang luas serta sarana MCK yang sangat baik. Sebelum memasuki Pura Batukaru diharapkan para pemedek terlebih dahulu melakukan persembahyangan di Pura Jero Taksu yang letaknya berjauhan dengan Pura Batukaru dan bisa diakses dengan berjalan kaki. Pemedek diharapkan memohon ijin dan restu agar persembahyangan di Pura Batukaru dilancarkan serta diberikan keberhasilan. Kemudian pemedek melakukan penglukatan di pancuran Pura Beji Batukaru sebagai sarana penyucian badan dan pikiran agar ketika melakukan persembahyangan di Pura Batukaru dalam keadaan suci. Pengelukatan atau penyucian dilakukan dengan berkumur, cuci muka, dan cuci kaki. Selanjutnya dilanjutkan persembahyangan ke Pura Batukaru.

Pemedek diharapkan mengaturkan canang ke setiap pelinggih dan pejati jika baru pertama kali melaksanakan persembahyangan ke pura ini. Pujalah Dewa Mahadewa yang merupakan manifestasi Dewa Siwa sebagai Dewa yang paling utama. Dewa Mahadewa memiliki fungsi sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang menumbuhkan atau sering disebut juga Ratu Hyang Tumuwuh. Beliau memberikan kesuburan kepada seluruh tanaman di Alam Semesta sehingga kehidupan manusia dapat berjalan dengan baik dengan suburnya tanaman-tanaman tersebut.

 

No Response

Leave a reply "Pura Batukaru – Tempat Bersemayamnya Mahadewa"