Pura Dalem Ped

Pura Dalem Ped adalah sebuah Pura yang terletak di Pulau Nusa Penida Kabupaten Klungkung tempat beristananya Ida Bhatara Ratu Gede Sakti atau biasa disebut juga Ratu Gede Macaling. Akses menuju pura saat ini sudah sangat memadai dengan banyaknya boat dan transport di Nusa Penida sehingga pura ini sangat ramai pada hari besar, purnama, tilem, dan piodalan pada Buda Cemeng Klawu. Kebanyakan pemedek yang tangkil ke Pura Dalem Ped memohon kesaktian, kesembuhan, keselamatan, dan ilmu kebatinan namun ada pula permintaan lainnya.

Pura Dalem Ped

  Pura Dalem Ped

Pada saat memasuki areal wantilan pura disarankan untuk tidak menggunakan kain atau apapun yang bermotif poleng atau putih hitam, berlaku tidak sopan seperti kencing di sekitar areal pura, menggunakan bunga pucuk, dan menyanyikan gending janger. Setelah memasuki areal wantilan pura disarankan untuk matur piuning di setiap pelinggih di areal wantilan pura kemudian silahkan dilihat papan petunjuk persembahyangan yang tersedia. Untuk yang baru pertama kali tangkil disarankan membawa pejati untuk setiap pura.

Persembahyangan pertama menuju ke Pura Segara yang terletak di belakang dekat pantai dimana pemedek mengaturkan bakti kepada Ida Bhatara Baruna. Persembahyangan kedua ikuti petunjuk menuju ke Pura Taman untuk mengaturkan bakti kepada Dewi Gangga. Setelah selesai kita menuju ke Pura Dalem Ped untuk mengaturkan bakti ke Ida Bhatara Ratu Gede Sakti. Terakhir kita menuju ke Pura Penataran Ped untuk mengaturkan bakti ke Ida Bhatara Ratu Mas Manik Maketel atau Ida Ratu Mas Pangrajeg Bumi.

Diluar pura sudah banyak terdapat penginapan dan tempat makan sehingga pemedek tidak perlu bingung mencari akomodasi yang baik bahkan toilet di halaman parkir sangat bersih dan dipersilahklan untuk mandi.  Antusianisme pemedek pada Pura Dalem Ped sangat besar karena pada hari-hari tersebut wantilan pura bisa dipastikan penuh terisi para pemedek dari Pulau Bali walaupun jarak yang ditempuh jauh tapi tidak menyurutkan keinginan pemedek untuk tangkil ke Pura Dalem Ped. Tidak lupa juga untuk mengaturkan puja kepada Dewa Siwa untuk segalanya.

No Response

Leave a reply "Pura Dalem Ped"