Pura Goa Lawah – Bersemayamnya Naga Basuki

Pura Goa Lawah adalah salah satu pura sad kahyangan yang mewakili arah tenggara tempat beristananya Dewa Maheswara sebagai salah satu dari Dewata Nawa Sanga. Terletak di desa Pasinggahan, kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Pura ini sangat mudah dituju karena letaknya yang strategis disamping jalan utama. Pura ini dibangun oleh Mpu Kuturan sekitar abad XI yang disebutkan dalam Usana Dewa. Pura Goa Lawah dalam Lontar Prekempa Gunung Agung disebutkan sebagai tempat bersemayamnya Naga Basuki (Vasuki) dimana Pura Goa Lawah sebagai representasi kepala beliau dan melintang sejauh 30km sampai di Pura Besakih tepatnya di Pura Goa Raja sebagai representasi rekor beliau. Naga Basuki adalah naga jelmaan Dewa Wisnu yang bertugas sebagai penjaga keseimbangan dunia.

Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah juga merupakan pusat dari Pura Segara yang ada di bali dimana Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa laut bergelar Bhatara Tengahing Segara dan tentunya Dewa Maheswara dipuja. Piodalan pada Pura Goa Lawah dilaksanakan pada Anggara Kasih Medangsia. Tempatnya yang mudah dicapai, berada disisi pantai, dan akomodasi yang lengkap menjadikan Pura Goa Lawah menjadi objek wisata spiritual yang sangat diminati. Sesampainya disana kita tidak perlu memikirkan tempat parkir karena sudah disediakan areal parkir yang luas dengan jajanan yang lengkap. Memasuki areal pura pada waktu ramai seperti pada piodalan atau rahinan lainnya diberlakukan sistem kartu masuk atau kartu antrian. Ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pemedek yang akan melakukan persembahyangan karena jumlah pemedek yang sangat membludak pada saat piodalan dan rahinan.

Didalam pura terdapat Sanggar Agung sebagai tempat pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kemudian terdapat Meru Tumpang Tiga sebagai pesimpangan Bhatara Andakasa , dan Gedong Limasari yang merupakan Pelinggih Dewi Sri(Dewi Laksmi) dan Gedong Limascatu sebagai Pelinggih Dewa Wisnu. Didalam gua di Pura Goa Lawah terdapat banyak sekali kelelawar yang secara adat dilindungi oleh warga dan para pemedek. Pura Goa Lawah juga sebagai bagian dari rentetan Upacara Nyegara Gunung dimana setiap harinya ada saja pemedek yang melaksanakan Upacara Nyegara Gunung dan Upacara Meajar-ajar.

No Response

Leave a reply "Pura Goa Lawah – Bersemayamnya Naga Basuki"