Pura Sebatu

Pura Dalem Pingit Sebatu atau yang biasa disebut Pura Sebatu dan Pengelukatan Sebatu adalah sebuah Pura tempat penglukatan yang terletak di Desa Sebatu, Tegalalang, Gianyar. Ciri khas pengelukatan di Pura ini adalah air yang bisa berubah warna jika yang melukat memiliki penyakit baik non medis maupun medis. Fenomena ini sudah penulis saksikan sendiri dimana ketika itu salah satu pemedek yang melakukan pengelukatan tiba-tiba setelah air dari atas pancoran mengenai badannya air itu berubah warna menjadi keruh. Para pemedek yang tangkil meyakini bahwa di Pura ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit, membersihkan kotoran dalam diri, meminta keturunan, dan keselamatan.

Pura Sebatu

Pura Dalem Pingit Sebatu

Menuju ke Pura ini cukup mudah diakses walaupun jalan yang dilalui bisa dibilang sempit. Setelah tiba di areal parkir kita menuju ke tempat pengelukatan melalui penunjuk arah yang telah disiapkan. Sebelum menuju ke areal Pura sebaiknya persiapkan dahulu pejati yang berisi pisang kayu dan bunga tunjung serta kwangen yang berisi bunga jempiring,sekar tunjung berwarana biru, dan  pis bolong (uang bolong) 11 kepeng dimana semua bisa dibeli di areal parkir. Perjalanan dari areal parkir menuju Pura cukup jauh dan terjal tetapi dengan suasana yang masih asri tentu akan sangat menyenangkan.

Selama perjalanan dan melihat pelinggih maka haturkanlah canang dan dupa dan memohon ijin atau permisi. Kemudian sampailah kita di Pura Dalem Pingit dan Kusti dan lakukanlah persembahyangan dengan menggunakan kwangen tadi dengan arahan dari pemangku dan simpan kwangen tersebut untuk dipakai pada saat melukat .  Gantilah pakaian dengan hanya menggunakan kain penutup badan tanpa membawa perhiasan dan aksesoris lainnya. Ketika sudah berhadapan dengan pancuran penglukatan cakupkan tangan diatas ubun-ubun dengan kwangen dicakupkandi tangan seperti orang sembahyang lalu masukanlah kepala lalu seluruh badan ke pancoran tersebut. Berdoalah kepada Ida sane melinggih ring Pura Sebatu nunas pengelukatan mangda tubuh, jiwa, dan pikiran dibersihkan dan disucikan. Stelah selesai kita menuju ke pancoran kedua yang terletak disebelahnya dan lakukan hal yang sama. Setalah selesai melaksanakan pengelukatan para pemedek mengaturkan suksema dan menuju ke tempat persembahyangan selanjutnya di depan pancuran nunas anugerah saking Ida sane melinggih ring Pura Dalem Pingit Sebatu. Perjalanan pulang menuju ke areal parkir cukup terasa berat karena jalan yang menanjak namun semuanya sirna dengan suasana alam yang asri dan bersihnya jiwa dan raga setelah melaksanakan pengelukatan.

No Response

Leave a reply "Pura Sebatu"