Pura Tanah Lot – Pura Suci diatas Batu Karang yang Indah

Pura Tanah Lot adalah sebuah pura yang terletak di atas batu karang yang besar. Tanah lot berasal dari kata ‘tanah’ dan ‘lod’ atau ‘lot’ yang berarti laut karena pura ini terlihat seperti mengambang diatas air jadi orang-orang menyebutnya dengan mana demikian. Pura ini dibangun oleh pengikut Danghyang Nirartha atas usul beliau sebagai tempat untuk memohon kemakmuran dan kesejahteraan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang bermanifestasi sebagai dewa laut yaitu Dewa Baruna. Beliau mengatakan kepada pengikutnya bahwa tempat ini memiliki getaran suci yang dahsyat sebagai tempat memuja Dewa Baruna sang penguasa laut. Bukti keagungan Danghyang Nirartha pada saat menyebarkan agama di Tanah Lot (dahulu disebut Gili Beo atau ‘pulau kecil yang menyerupai burung) adalah sebuah keris Ki Baru Gajah yang saat ini tersimpan rapi di Puri Kediri. Di pura ini juga terdapat seekor ular keramat yang merupakan jelmaan dari selendang Danghyang Nirartha yang ditugaskan untuk melindungi Pura Tanah lot. Piodalan di pura Tanah Lot jatuh pada Buda Wage Langkir atau 4 hari setelah Hari Raya Kuningan.

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pertama-tama para pemedek melakukan persembahyang di Beji Kaler yang merupakan tempat  mata air suci yang berada dibawah Pura Tanah Lot. Para pemedek melakukan penyucian diri dengan melakukan persembahyangan, mepiuning, melukat dengan membasuh wajah dan badan, serta meminum air di sumber mata air suci ini sebelum melaksanakan persembahyangan di Pura Tanah Lot. Menuju ke Pura Tanah Lot haruslah berhati-hati dimana jika air pasang maka pemedek bisa menggunakan perahu yang disediakan atau jika surut bisa langsung menuju ke pura melalui jalan yang sudah ada. Ada beberapa tempat yang cukup berbahaya yang biasanya diisi bendera atau papan peringatan. Sesampainya di Pura lakukanlah pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan manifestasinya sebagai Dewa Baruna penguasa laut dan pujalah Danghyang Nirartha atas jasa beliau menyebarkan Agama Hindu di Bali.

Sebagai salah satu tempat pariwisata tentu akomodasi dan akses menuju pura sangatlah mudah. Pura ini sangat cocok untuk para pemedek yang ingin melakukan persembahyangan sekaligus menghabiskan waktu untuk penyegaran pikiran karena pemandangannya yang luar biasa indah. Ular suci yang dipercaya sebagai selendang Danghyang Nirartha pun bisa kita temui dan kita pegang tentunya dengan pawang yang mendampingi.

 

No Response

Leave a reply "Pura Tanah Lot – Pura Suci diatas Batu Karang yang Indah"