Sad Kahyangan Jagat – Enam Pura Utama di Bali

Sad Kahyangan Jagat atau Sad Kahyangan adalah enam pura utama sebagai tempat memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan manifestasinya yang memberikan rasa tentram secara skala dan niskala di Pulau Bali. Umat Hindu Bali secara khusus menjadikan ke-enam pura ini sebagai pura yang utama berdasarkan konsep Sadwinayaka yang berarti tempat untuk sembahyang agar selalu diberikan keselamatan dan kesucian. Pura-pura yang merupakan bagian dari Sad Kahyangan adalah:

Sad Kahyangan Jagat

Sad Kahyangan Jagat

  • Pura Besakih

Pura Besakih adalah pura tempat pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasinya yaitu Dewa Siwa dan Dewa Shambu dalam Dewata Nawa Sanga dan merupakan induk dari semua pura yang ada di Bali. Di Pura Besakih juga terdapat Pura Padharman dari seluruh rakyat Bali. Piodalan pada Pura Besakih ada tiga yaitu:

  1. Batara Turun Kabeh pada sasih kedasa (setahun sekali)
  2. Panca Bali Krama setiap sepuluh tahun sekali
  3. Eka Dasa Rudra setiap seratus tahun sekali pada kalender saka
  • Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang adalah pura tempat pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasinya yaitu Dewa Iswara dalam Dewata Nawa Sanga dan merupakan tempat yoga semadi Rsi Markandeya (Hyang Genijaya). Piodalan di Pura Lempuyang dilaksanakan pada Wrespati Umanis Dungulan atau Umanis Galungan.

  • Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah adalah pura tempat pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasinya yaitu Dewa Maheswara dalam Dewata Nawa Sanga dan merupakan pusat pura segara yang ada di Bali. Disini juga disebutkan sebagai tempat bersemayamnya Naga Basuki (Vasuki) sebagai penjaga keseimbangan sekala dan niskala. Piodalan di Pura Goa Lawah dilaksanakan pada Anggarkasih wuku Medangsya setiap enam bulan sekali.

  • Pura Uluwatu

Pura Uluwatu adalah pura tempat pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasinya yaitu Dewa Rudra dalam Dewata Nawa Sanga. Di Pura Uluwatu merupakan salah satu tempat kesukaan Mpu Kuturan melaksanakan yoga semadi karena pemandangan alam dan aura spiritualnya yang tinggi. Piodalan di Pura Uluwatu dilaksanakan pada Anggara Kasih Medangsia setiap enam bulan sekali.

  • Pura Batukaru

Pura Batukaru adalah pura tempat pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasinya yaitu Dewa Mahadewa dalam Dewata Nawa Sanga dan sebagai tempat pemujaan kepada Ratu Hyang Tumuwuh sebagai pembawa kesuburan kepada alam semesta. Piodalan di Pura Batukaru dilaksanakan pada Kamis Umanis Dungulan atau Umanis Galungan dalam waktu satu hari saja setiap enam bulan sekali.

  • Pura Pusering Jagat / Puser Tasik

Pura Pusering Jagat adalah pura tempat pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasinya yaitu Dewa Siwa dan tempat beristananya Batara Amangkurat. Piodalan di Pura Pusering Jagat  dilaksanakan pada Purnama Sasih Karo.

 

No Response

Leave a reply "Sad Kahyangan Jagat – Enam Pura Utama di Bali"