Sejarah Nusa Penida – Pulau Indah dan Keramat di Timur Bali

Sejarah Nusa Penida – Dalam mengungkap masa silam Nusa Penida bersumber pada tulisan dalam lontar yang sering disebut dengan babad. Sumber lainnya seperti prasasti tertulis dalam logam atau batu yang kiranya belum dapat dijumpai. Ada beberapa sumber yang kita sebut “Pidarta Dukuh Jumpungan”, “Kandaning Palue Ratu Renggan”, “Panugrahan Ratu Mecaling” dan sebagian dari babad Blahbatuh. Babad—babad aslinya banyak yang tidak mempunyai judul. Didapat pula sumber dari penulis-penulis barat dan “Pariindik Pure Ped”/ Pura Dalem Ped.

Sejarah Nusa Penida

Sejarah Nusa Penida

Pada batu bertulis yang ada di Blanjong ada kalimat yang mengatakan bahwa Sri Kesari Warmadewa (Raja pertarna di Bali) menaklukan (Nusa) dan Sua (1) tetapi tidak diketehui dimana yang disebut Sua (1) itu. Prasasti itu tertulis bertahun (915 M). Pada jaman kuna di Nusa Penida penguasa pertama bergelar Dukuh Jumpungan seorang pangeran yang kemudian menjadi Dukuh atau Pendeta. Beliau disebut juga Betara Sakti Ring Nusa. Setelah Dukuh Jumpungan, yang menjadi Raja adalah Ratu Sawang yang bergelar Sri Aji DalemSawang. Beliau kemudian mempersunting cucu dari Dukuh Jumpungan yang bernama Dyah Ranggini. Dan Keturunan Dukuh Jumpungan yang menjadi penguasa adalah Ratu Mecaling, yang menjadi Ratu di Bumi Nusa, sehingga dengan demikian berwenang memungut pajak di seluruh Nusa. Yang menjadi Raja setelah Dalem Sawang adalah Aji Dukut dengan gelar Sri Aji Dalem Dukut.

Dari sumber Sejarah Bali disebutkan bahwa Dalem ini adalah Putra dari Asta Sura Ratna Bumi Banten atau Sri Topulung, yangmenjadi Raja di Bali. Kemudian Dalem Dukutdikalahkan oleh Kyayi Jelantik dan Blahbatuh sebagai utusan Dalem Waturenggong di Gelgel, dengan demikian dapat disebutkan bahwa Dukuh Jumpungan, Sri Aji Dalem Sawang, Ratu Mecaling, Sri Aji Dalem Dukut atau disebut juga Dalem Bungkut atau Dalem Miukut adalah Raja atau penguasa di Nusa pada jaman kuna. Bahan-bahan untuk penyusunan Sejarah Nusa,ini kami dapatkan dan Geria Batutabih, Puri Mayun Blahkiuh, Puri Blahbatuh, Jero mangku Ketut Soebandi, Kantor Pusat Dokumentasi Bali di Denpasar, Sejarah Bali dan Sejarah Klungkung.

Sumber : Drs. Wayan Putra Prata

No Response

Leave a reply "Sejarah Nusa Penida – Pulau Indah dan Keramat di Timur Bali"